Posted by: sarmilih | December 24, 2011

SKL UN IPA SMP TAHUN 2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs

  1. 3.      ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO KOMPETENSI

INDIKATOR

1.

Melakukan pengukuran dasar secara

teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan

satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.

2.

Menerapkan konsep zat dan kalor

serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya

atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat

yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan

suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

3.

Mendeskripsikan dasar-dasar

mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum

Newton dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi

pada kondisi tertentu.

Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam

kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisis yang terkait dengan

tekanan pada suatu zat.

4.

Memahami konsep-konsep dan

penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

Menentukan besaran fisis pada getaran atau

gelombang.

Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam

kehidupan sehari-hari.

Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang

berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

5.

Memahami konsep kelistrikan dan

kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan

kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam

suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam

kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-

kutub yang dihasilkan.

Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau

penerapannya pada transformator.

6.

Memahami sistem tata surya dan

proses yang terjadi didalamnya.

Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat

perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.

NO KOMPETENSI

INDIKATOR

7

Mendeskripsikan konsep atom, ion

dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.

Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul

sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.

8.

Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-

sifat, dan perubahannya.

Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia

berdasarkan hasil percobaan.

Menjelaskan perubahan fisika atau kimia

berdasarkan hasil percobaan.

9.

Mendeskripsikan bahan kimia dalam

kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.

Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya

bagi tubuh manusia dan lingkungannya.

Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta

pengaruhnya bagi tubuh manusia.

10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan

keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-

cirinya.

11. Mendeskripsikan komponen

ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam

ekosistem.

Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi

pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi

manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.

12. Menjelaskan sistem organ pada

manusia.

Menjelaskan sistem peredaran darah pada

manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.

Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim

yang berperan pada proses pencernaan.

Menjelaskan sistem pernapasan pada

manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.

Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit

yang berhubungan dengannya.

Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada

manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.

Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
13. Menjelaskan sistem organ dalam

kehidupan tumbuhan

Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ

pada tumbuhan.

Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh

lingkungan luar.

Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-

percobaan tentang proses tersebut.

14. Mengaplikasikan konsep

pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada

makhluk hidup.

Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi

alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.

Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan

hukum Mendel.

Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk

kehidupan manusia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories