Posted by: sarmilih | December 24, 2011

SKL UN SMP 2012 MATEMATIKA

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs

 

  1. 3.      MATEMATIKA SMP/MTs

 

NO KOMPETENSI

INDIKATOR

1. Menggunakan konsep operasi hitung

dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika

sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

perbandingan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

bilangan berpangkat atau bentuk akar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

barisan bilangan dan deret.

2. Memahami operasi bentuk aljabar,

konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta

penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

himpunan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

fungsi.

Menentukan gradien, persamaan garis, atau

grafiknya.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

sistem persamaan linier dua variabel.

3. Memahami bangun datar, bangun

ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah menggunakan teorema

Pythagoras.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas

bangun datar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

keliling bangun datar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-

garis istimewa pada segitiga.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

kesebangunan atau kongruensi.

Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

volume bangun ruang.

 

 

NO KOMPETENSI

INDIKATOR

    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas

permukaan bangun ruang.

4. Memahami konsep dalam statistika,

serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan ukuran pemusatan atau

menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

penyajian atau penafsiran data.

5. Memahami konsep peluang suatu

kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

peluang suatu kejadian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories